Jenis Karpet Masjid Yang Banyak Diminati

Jenis Karpet Masjid Yang Banyak Diminati

Jenis Karpet Masjid Yang Banyak Diminati – Karpet masjid merupakan salah satu peralatan sholat yang tersedia di setiap tempat ibadah baik masjid ataupun musholla. Karpet berfungsi sebagai alas sholat agar ketika melaksanakan ibadah tidak langsung berkontakan pada lantai yang dingin ataupun keras. Dengan adanya karpet masjid, jemaah akan merasa lebih nyaman dan aman ketika melaksanakan berbagai kegiatan di dalam masjid.

Karpet masjid terdiri dari berbagai jenis dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. selain jenis dan ukurannya juga desain karpet juga tergantung pada asal dimana karpet di produksi. Karpet masjid yang paling terkenal merupakan karpet masjid yang berasal negara Timur Tengah seperti Turki, Persia (Iran) ataupun Arab Saudi.

Ragam Karpet Dari Berbagai Dunia Yang Banyak Diminati

  1. Karpet Turki

Turki merupakan salah satu negara yang memproduksi karpet masjid dan telah populer sebagai produsen karpet masjid berkualitas. Turki memiliki ciri khas pada produknya berupa desain yang berbeda. desain karpet Turki lebih condong pada garis atau gambar  abstrak baik dengan ukuran besar ataupun kecil. Biasanya juga garis tersebut akan mengarah ke tengah atau pusat karpet.

  1. Persia

Karpet Persia atau sekarang Iran ini memiliki motif khas dimana desain lebih condong pada penggunaan tumbuhan atau bunga yang di untai memenuhi karpet. Warna karpet Persia juga lebih ramai dibandingkan karpet Turki yang biasanya terdiri dari warna monotom. Karpet Persia ini biasanya di jadikan alas masjid untuk bagian tengah-tengah atau untuk imam masjid.

  1. Arab Saudi

Untuk arab Saudi sendiri, motif yang biasa digunakan adalah gambar atribut agama islam seperti gambar kubah atau Ka’bah dan ikon islami lainnya yang berada di Arab Saudi. Motif Arab Saudi ini biasanya banyak digunakan pada sajadah ataupun karpet sholat  pada masjid-masjid di Indonesia. Jual karpet masjid di jakarta motif Arab Saudi di Indonesia pun sudah banyak.

  1. Irak

Motif karpet Masjid Irak memang tidak terlalu populer digunakan di Indonesia. Akan tetapi motif karpet Irak juga cukup populer di dunia dan banyak di gunakan pada masjid-masjid yang tersebar di dunia. Irak juga seringkali mengimpor produknya untuk digunakan pada masjid-masjid yang ada di negara minoritas muslim di luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *