Manfaat Playmat Bagi Perkembangan Si Kecil

Setiap orang tua tentunya menginginkan yang terbaik bagi anak – anaknya. Sebagai wujud cinta kasihnya, para orangtua senantiasa berdondong – bondong untuk menyediakan segala perlengkapan yang berguna bagi perkembangan buah hati mereka. Dalam hal ini, pemilihan mainan bagi anak sangat menentukan perkembangan dari mereka. Bayi yang berusaia 1 sampai 12 bulan tentu saja memiliki mainan yang berbeda dengan balita (bayi lima tahun). Untuk itu, sebagai orang tua, Anda harus pandai – pandai dalam memilihkan sekedar mainan untuk anak. Jika anda memiliki anak yang berusia 1 sampai 12 bulan, benda yang cocok untuk anak Anda ialah Playmat yang merupakan matras yang dilengkapi dengan mainan bayi. Benda yang satu ini sangatlah cocok dengan keadaan bayi yang masih sangat rentan. Sifatnya yang empuk dan nyaman serta berbagai mainan yang ada di dalamnya, sangat berpengaruh bagi tumbuh kembang si kecil.

Adapun beberapa manfaat dari penggunaan matras tersebut bagi bayi ialah sebagai berikut :

  • Merangsang Fungsi Kognitif

Fungsi kognitif merupakan faktor yang sangat menentukan kualitas perkembangan anak. Mainan yang terletak di tudung matras akan membuat bayi bergembira pada saat memainkannya. Selain itu ukurannya yang dirancang lebih luas, memungkinkan bayi untuk bergerak ke samping kanan atau kiri, menendang kesana kemari, bahkan tengkurap. Hal demikianlah yang dinilai dapat merangsang kemampuan berfkikir bayi secara optimal

  • Merangsang Fungsi Sensorik

Bahan dasarnya yang sangat aman dan nyaman serta kombinasi warna – warnanya dengan gambar yang menarik juga akan menarik barik untuk memainkan permainan yang ada didalamnya. Adanya tudung berupa jaring dengan bulayan yang kecil, tentunya dapat melindungi si kecil dari gigitan nyamuk. Dengan begitu, si kecil akan semakin tertarik untuk menyentuh berbagai permainan seperti boneka dan mainan plastik yang tergantung diatasnya. Seperti yang telah diketahui bahwa fungsi sensorik merupakan fungsi yang berasal dari sentuhan. Dalam hal ini, fungsi sensorik bayi akan terangsang melalui sentuhan – sentuhan tersebut.

  • Meningkatkan ketajaman pengelihatan bayi.

Desain warna yang sengaja dibuat berwarna – warni, pastinya sangat membantu mempertajam pengelihatan bayi. Jarak tudung yang cukup dekat dengan tubuh bayi, tentu saja akan membuat bayi dengan mudah melihat warna – warnanya.

  • Meningkatkan gerak tubuh dan kemampuan bayi dalam menggenggam

Banyaknya permainan yang menggantung di atas tudung nantinya akan menarik perhatian bayi untuk menyentuh – nyentuh permainan tersebut. Pada akhirnya, bayi pun  akan terdorong untuk memperbanyak pergerakannya. Kadangkala, bayipun akan menggenggam beberapa mainan yang mana hal tersebut dapat membantu meningkatkan kemampuan bayi dalam mengenggam.

Selain diperuntukkan bagi bayi, matras multifungsional tersebut juga disediakan untuk batita (bayi tiga tahun) hingga balita. Namun, tentu saja desain yang diperuntukkan bagi bayi dan batita atau balita memiliki perbedaan. Matras empuk yang dikhususkan untuk batita dan balita ialah berbentuk seperti karpet. Tak lupa pula karpet tersebut dilengakpi dengan berbagai aksen binatang, huruf, hingga angka – angka. Hal tersebut tentunya sangat berguna bagi tumbuh kembang batita yang sudah sewajarnya mengenal berbagai nama binatang, huruf, serta angka. Untuk membuktikan rasa sayang Anda kepada buah hati, sudah seharusnya anda membekali buah hati anda dengan berbagai ilmu yang bermanfaat mulai dari sekarang. Oleh karena itu, segera berikan si kecil benda terbaiknya. Dengan kecanggihan teknologi di masa kini, tentunya akan sangat mudah dalam hal membelikan anak sebuah mainan melalui situs agen perbelanjaan online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *