Tips Belajar Bahasa Pemrograman Php Biar Lancar

Bahasa pemrograman PHP merupakan singkatan dari PHP Hypertext Prepocessor, dimana bahasa yang digunakan merupakan bahasa yang luas dalam penanganan, pembuatan dan juga pengembangan sebuah situs web. PHP ini juga bisa digunakan secara bersamaan dengan HTML, sehingga menjadi lebih mudah dalam pengoprasiannya.

Bahasa PHP ini diciptakan oleh rasmus lerdorf, dimana penciptaan ini ada ditahun 1994. Sebelum berubah menjadi PHP Hypertext Prepocessor, awalnya PHP ini bernama Personal Home Page Tools. Kemudian di rubah kembali menjadi FI atau Forms Interpreter, namun semenjak di versi ke 3.0 barulah menjadi Hypertext Prepocessor. Untuk saat ini versi terbaru dari PHP adalah versi 5.

Pada bulan juni 1996 dirilislah PHP/GI versi 2.0, kemudian berlanjut perilisan interpreter PHP yang sudah diimplementasikan dalam program C. pada perilisan ini, telah disertakan pula modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan. Di tahun 1997, ditulis ulanglah interpreter PHP oleh salah satu perusahaan bernama Zend menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kmudian pada bulan juni 1998, perusahaan Zend ini merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0

Untuk pembatasannya sendiri, PHP hanya mengeksekusi kode yang ditulis dengan pembatas sebagaimana yang ditentukan dasar sintaksnya. Apapun yang ada diluar pembatas tidak akan diproses oleh PHP, dan pembatas yang paling umum digunakan adalah <?php” untuk membuka dan “?> untuk menutup kodding. Tujuan dari adanya pembatas ini untuk memisahkan, antara kode PHP dalam dari kode PHP luar.

Berikut ini beberapakelebihan yang dimiliki bahasa pemrograman ini.

  1. PHP merupakan sebuah bahasa script, dimana tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaannya.
  2. Web Server yang mendukung PHP dapat ditemui dari mana – mana, mulai apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan konfigurasi yang cukup mudah.
  3. Dalam sisi pengembangannya juga lebih mudah, alasannya karena banyaknya milis – milis serta developer yang siap membantu dalam pengembangan PHP ini.
  4. PHP merupakan bahasa scripting yang paling mudah, karena memiliki referensi yang cukup banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *