Tren Motor Listrik Kedepan

Harley Davidson belum lama ini mengabarkan bahwa perusahaan akan mengeluarkan motor listrik tahun depan. Manufaktur motor ikonik ini tengah mengalami penurunan penjualan di Amerika Serikat, dan lini motor listrik ini diharapkan bisa mendongkrak penjualan. Nah, apakah pengendara motor akan lebih memilih motor tak berasap ketimbang raungan knalpot?

Sebuah firma, Techavio, percaya bahwa pergeseran ini sedang terjadi, kerena diperkirakan pasar motor listrik dan electric scooter akan meningkat 41 persen dari level di 2017 pada tahun 2021. Meski terdengar meyakinkan, mengubah perilaku konsumen merupakan tantangan berkelanjutan sewaktu bicara berpindah ke kendaraan elektrik; awal dekade ini, Best Buy bergabung dengan gerbong motor listrik dan hanya mampu bertahan hingga 2011. Saat ini, retailer sedang melempar deretan lini motor listrik ke pasar. Hal ini terjadi karena adanya bukti bahwa komuter sudah siap dengan kehadiran motor nol emisi tersebut sebagai alat transportasi.

Lagian, mobil listrik sekarang ini sudah jamak ditemui dimana-mana. Ambil contoh Tesla dengan Model 3-nya yang keluar tak lama setelah perusahaan mengkritik impian Elon Musk yang dianggap gagal. Jangan lupa juga Nissan dan GM yang telah memproduksi Leaf dan Bolt, yang hingga kini terus dilakukan perbaikan dari segi desain, performa dan jarak tempuh.

Zero Motorcycles, perusahaan yang telah merancang dan memproduksi motor listrik selama satu dekade, tentu saja optimis dengan produk-produknya, yang menurut perusahaan meningkat karena pengisian baterai yang lebih cepat dan jarak tempuh yang lebih baik. CNBC baru-baru ini menyiarkan bahwa rencana Harley-Davidson untuk memasuki pasar ini bisa berarti mendongkrak profil Zero Motors dan produsen kecil lainnya. Tambahkan biaya pengoperasian yang lebih rendah, desain yang ramping, dan keinginan konsumen yang lebih muda untuk memiliki barang unik terbaik berikutnya, dan popularitas motor listrik bisa cepat melonjak. Minat Harley-Davidson di segmen pasar ini menunjukkan bahwa kendaraan ini bukan hanya mainan trendi untuk pengguna awal, tetapi dilihat oleh komuter sebagai pilihan yang layak untuk berkeliling kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *