Tips Mengerjakan IELTS Writing Task 2

Seperti yang diketahui bahwa IELTS writing task 2 memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan dengan task 1. Maka dari itu, Anda bisa lebih sedikit fokus pada task 2. Mengerjakan task 2 terlebih dahulu bisa Anda lakukan guna membuat waktu lebih efisien dan hasil task 2 juga lebih baik. Namun begitu, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat mengerjakan IELTS writing task 2 ini, seperti berikut ini.

Analisa topiknya
Sebelum Anda benar – benar menulis opini Anda, sangat baik untuk menganalisa topik pertanyaan yang diberikan. Dengan begitu, Anda akan tahu apa yang harus ditulis nantinya. Topik dan isi yang tidak relevan akan mempengaruhi nilai akhir Anda.

Jawab sesuai petunjuk
Pastikan Anda menulis sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Semua poin – poin yang ada harus tercantum dalam tulisan Anda. Jangan sampai ada satupun yang terlewatkan.

Kerjakan poin – poin
Tidak ada salahnya dalam mengerjakan IELTS writing task 2 membuat perencanaan terlebih dahulu. Anda bisa meluangkan setidaknya 3 hingga 5 menit untuk membuat daftar poin – poin yang akan dituliskan nantinya. Hal ini akan membuat tulisan Anda lebih lancar.

Pastikan menulis dengan beberapa paragraf
Pastikan Anda mengerjakan writing task 2 dengan membaginya ke dalam beberapa paragraf, minimal 3 paragraf, meliputi pembukaan, inti dan penutup. Hal ini akan meningkatkan nilai akhir Anda nantinya.

Jangan lupakan topik sentences
Untuk bisa mengerjakan setiap paragrafnya, pastikan Anda memulainya dengan topik sentence. Barulah kembangkan dengan kalimat pendukung. Alangkah baik membuat kalimat pertama yang memang efektif dan bisa dikembangkan dengan mudah.

Jangan lupakan alasan
Berikan juga setiap alasan Anda akan argumen yang Anda berikan. Namun alasan saja tidak cukup, apabila tidak didukung dengan contoh yang relevan. Untuk bisa mendapatkan 250 kata, Anda bisa mengembangkan ide Anda dengan beberapa contoh dan alasan setiap argumen Anda.

Simpulkan setiap tulisan
Untuk paragraf terakhir, Anda bisa menyimpulkan tulisan Anda sebagai penutup. Anda bisa menuliskan beberapa poin atau garis besar. Bila perlu tambahkan kritik dan saran untuk bagian penutup.

Gunakan bahasa formal
Untuk IELTS writing task, jangan gunakan bahasa pribadi. Pasalnya akan lebih melihatkan tulisan terlihat subjektif dan bisa mengurangi otoritas argumen. Gunakan saja bahasa atau kata yang baku atau formal. Hal ini akan menambahkan nilai akhir Anda, terlebih lagi dalam bagian lexical resources.

Selalu cek kembali
Sebelum benar – benar menyerahkan pekerjaan Anda pada penguji, selalu cek kembali tulisan Anda. Hal ini untuk menghindarkan Anda akan kesalahan kecil yang bisa mengurangi nilai akhir nantinya. Alangkah baiknya, Anda menyisihkan waktu 2 hingga 3 menit untuk mengoreksi kembali. Apakah ada kesalahan pengucapan, kosakata, struktur dan lain sebagianya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *