Contoh Teks Berita Surat Kabar Tentang Pendidikan

Contoh Teks Berita Surat Kabar Tentang Pendidikan – Kali ini saya akan membagikan contoh teks berita surat kabar tentang pendidikan. Model kurikulum yang dikembangkan oleh para ahli mempunyai satu tujuan/arah yaitu mengoptimalkan kurikulum yakni dalam mencapai cita-cita bangsa yakni mencerdaskan kehidupan bangsa dan mencetak generasi penerus bangsa yang berakhlaq serta berbudi pekerti luhur. Model adalah pola yang dapat membantu berfikir,konseptualisasi, suatu proses yang menunjukkan prinsip-prinsip, dan prosedur yang dapat menjadi pedoman bertindak. Banyak model yang dapat digunakan dalam pengembangan kurikulum.

Contoh Teks Berita Surat Kabar Tentang Pendidikan

Untuk penyusunan contoh teks berita harus sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan yang berlaku. Model pengembangan kurikulum mempunyai makna yang cukup luas,menurut Nana Syaodih Sukmadinata pengembangan kurikulum bisa berartipenyusunan kurikulum yang sama sekali baru (curriculum construction),bisa juga menyempurnakan kurikulum yang telah ada. Pengembangan kurikulum dapat dilakukan dengan sistem dan cara yang dituangkan dalam berbagai model. Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa model pengembangan kurikulum adalah berbagai bentuk atau model yang nyata dalam penyusunan kurikulum yang baru ataupun penyempurnaan kurikulumyang telah ada.

Dalam pengembangan kurikulum tidak dapat lepas dariberbagai faktor maupun aspek yang mempengaruhinya, seperti cara berfikir,sistem nilai (nilai moral, keagamaan, politik, budaya dan sosial), proses pengembangan kebutuhan peserta didik, lingkup dan urutan bahanpelajaran, kebutuhan masyarakat maupun arah program pendidikan.Dengan demikian, model pada dasarnya berkaitan dengan rancanganyang dapat digunakan untuk menerjemahkan sesuatu kedalam realitas, yangsifatnya lebih praktis. Model berfungsi sebagai sarana untuk mempermudah berkomunikasi atau sebagai petunjuk yang bersifat perspektif. Inilah beberapa contoh teks berita yang tersusun dengan rapi dan urut.

Untuk mengambil keputusan, atau sebagai petunjuk perencanaan untuk kegiatan pengelolaan. Dia berasumsi bahwa kurikulum diperlukan dalam rangka mengembangkan individu yang terbuka, luwes dan adaptif, terhadap situasi perubahan. Kurikulum demikian hanya dapat disusun dan diterapkan hanya oleh pendidik yang terbuka, luwes, dan berorientasi pada proses. Untuk itu diperlukan pengalaman kelompok dalam melatih hal-hal yang bersifat sensitif. Setiap kelompok terdiri atas 10 – 15 orang dengan seorang fasilitator atau pemimpin. Kelompok tersebut hendaknya tidak berstruktur, tetapi harus menyediakan lingkungan yang memungkinkan seseorang dapat berekspresi secara bebas dan ada pula kemungkinan berkomunikasi interpersonal secara luas. Teori merupakan interprestasi sistematis atas suatu bidang pengetahuan. Seringkali kita menggunakan teori untuk mengungkapkan suatu pendapat terutama dalam proses belajar. Demikianlah contoh teks berita ang dapat saya bagikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *