Jenis Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia Beserta Pengertian dan Contohnya

Jenis Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia Beserta Pengertian dan Contohnya – Teks ialah karangan yang didlaamnya terdapat tulisan peristiwa dalam konteks tertentu dengan tujuan tertentu pula. Tujuan ini disesuaikan dngan hal hal ang ingin dibahas dalam teks tersebut. Teks ini juga dapat dijadikan sebagai media dalam berkomunikasi dengan orang lain terkait peristiwa atau kejadian yang enjadi perbincangan. Namun ada berbagai jenis jenis teks dalam Bahasa Indonesia yang perlu anda ketahui. Setiap jenis teks memiliki karakternya masing masing. Maka dari itu contohnyapun juga berbeda beda. Dengan karakter yang berbeda beda membuat setiap jenis teks memiliki fungsi dan kegunaannya masing masing.

Jenis Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia Beserta Pengertian dan Contohnya

Seperti yang kita ketahui jenis jenis teks dalam Bahasa Indonesia mengandung ciri ciri dan contohnya masing masing. Selain itu adapula struktur dan kaidah kebahasaan teksnya. Jenis teks yang pertama ialah teks narasi. Pengertian teks narasi ialah karangan fiksi yang membahas tentan kisah sesuatu dengan menggunakan kronologi waktu dan plot sesuai dengan keinginan dari penulis. Teks naasi ini memiliki tujuan untuk media penghibur pembaca. Dengan adanya teks ini diharapkan pembaca dapat terhibur karena karangan fiksi yang diciptakan oleh penulis. Teks ini memiliki struktur nya sendiri yaitu orentasi, komplikasi, resolusi, dan koda.

Dalam jenis jenis teks dalam Bahasa Indonesia adapula teks deskripsi. Teks deskkripsi ialah arangan yang berupaa pemaparan lengkap dan rinci terkait objek yang dibahas. Teks ini memiliki tujuan dengan haraoan agar pebaca dapat seakan akan merasakan, membayangkan dan meihat langusng hal yang dijelaskan oleh penulis. Teks ini memilki strukturnya sendiri yakni identifikasi dan deskripsi. Untuk bagian identifiksi bersi enjelasan lengkap mengenai objek atau hal yang ingin dibahas. Kemudian bagian deskripsi berisi penjelasan rinci mengenai hal yang dibahas dalam teks tersebut. Teks ini juga memiliki cirinya sendiri. Ciri cirinya ersebut berupa penggambaran mengenai topik atau objek yang ingin ditulis, memiliki tujuan agar pembaca mengetahui secara langusng mengebnai objek yang ditui, memiliki sifat objektif, dan menggunakan gaya penulisan objektif, subjektif dan sesuai dengan gaya penulis.

Selanjutnya ada teks prosedur yang merupakan jenis jenis teks dalam Bahasa Indonesia lainnya. Teks prosedur iaah enis teks yang berupa ata cara, tahapa, dan langkah langkah melakukan dan membuat sesuatu. Biasana teks ni kta jumpai dalam bentuk resep makanan atau prosedur melakukan sesuatu. Jenis teks ini dibuat dengan urut agar hasil akhirnya sesuai dengan keinginan penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *