Mencari Green Coffee Bandung

Indonesia memiliki iklim tropis yang mempunyai peluang akan besarnya peluang terjadi hujan di Indonesia. Ditambah dengan banyak nya gunung api aktiv yang terdapat di Indonesia. Bahkan hampir setiap pulau di Indonesia memiliki minimal satu gunung berapi aktif. Hal ini mengakibatkan tanah di Indonesia begitu subur dikarenakan paparan debu vulkanis dari gunung berapi tersebut. Hal ini juga yang menjadi peluang dari sektor perkebunan dan pertanian di Indonesia untuk mengembangkan produk-produknya. Salah satunya ialah green coffee. Bandung, bisa kah kita menemukan green coffee Bandung asli?

Kota Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Jawa Barat sekaligus menjadi Ibu Kota Provinsi Jawa Barat. Kota Bandung dikelilingi oleh pegunungan,sehingga morfologi dari wilayahnya mirip seperti mangkok. Sementara iklim di Kota Bandung sendiri dipengaruhi oleh iklim pegunungan yang lembab dan sejuk, dengan suhu rata-rata 23.5 derajat celcius. Itu yang menyebabkan tanah Bandung begitu subur. Bandung sendiri terkenak dengan hasil perkebunannya antara lain sayur-sayuran, buah-buahan, dan kopi tentunya.

Di daerah Bandung sendiri ada beberapa daerah yang memiliki green coffee yang khas bahkan sudah terkenal se-Nusantara bahkan di dunia. Antara lain kopi Ciwidey, kopi Gunung Halu, kopi Gunung Puntang dan kopi lain. Kopi java ciwidey sudah sejak lama dibudidayakan oleh petani di daerah Ciwidey Bandung, sekitar pada abad ke-17 dan dengan ketinggian 1500-1600 meter diatas permukaan laut. Kopi jenis ini dipetik langsung menggunakan tangan oleh petani denganmetode hand pick atau selective pick. Kemudian biji kopi yang telah tersebut diproses melalui metode semi whased yaitu sebuah metode pencucuian dan penjemuran biji kopi secara alami.Seluruh proses tersebut akan mempengaruhi harga green coffee nantinya saat akan dijual.

Kandungan utama yang terdapat pada green coffee yaitu chlorogenic acid yang mempunyai kandungan zat asam klorogenat yang mana kandungan tersebut terbukti dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang bisa mempercepat proses pembakaran lemak didalam tubuh. Selain dari dua khasiat diatas, kopi hijau memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi yang dengan sendirinya akan menstimulasi pembentukan glutathione dan collagen didalam tubuh yang dapat berfungsi menjaga kelembapan dan kesehatan kulit, menghambat proses penuaan dini, serta menjaga elastisitas kulit tubuh. Begitu banyak khasiat yang ada didalam biji green coffee yang membuat harga coffee sangat menarik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *