Batas Wilayah Indonesia (Bagian Timur, Selatan, Barat, dan Utara)

Batas Wilayah Indonesia (Bagian Timur, Selatan, Barat, dan Utara) – Sebuah negara memiliki beberapa komponen internal yang sangat penting seperti wilayah, pemerintahan dan juga rakyat. Dengan adanya komponen tersebut membuat setiap negara memilik batas wilayahnya masing masing. Seperti halnya negara Indonesia yang memiliki batas wilayahnya sendiri. Batas wilayah Indonesia sesuai dengan ketentunan internasional. Seperti yang kita ketahui bahwa negara ini memiliki berbagai wilayah yang memiliki batasannya masing masing. Batas tersebu untuk memberikan tanda agar pengaturan wilayahnya sesuai dengan peraturan negara itu sendiri. Batas wilayah in juga dapat dijadikan sebaga pemisah satu negara dengan negara lainnya.

Batas Wilayah Indonesia (Bagian Timur, Selatan, Barat, dan Utara)

Dalam Amandemen UUD RI tahun 1945 Bab IX A mengenai batas wilayah Indonesia serta dalam pasal 25 A yang isisnya NKRI merupaan negara yang terdiri dari pulau pula yang memiliki ciri nusantara dengan berbaga hak dan batas wilayahnya sendiri sesuai dengan ketetapan UU. Dalam pasa ini dapat kita peroleh kesimpulan bahwa negara Indonesia merupakan negara Nuantara dan kepulauan. Dengan adanya tersebut membuat batas wilayah negara bagian laut harus berdasar pada UNCLOS 82 atau United Nations Convension on the Law of the Sea 82. Berdasarkan ketentuan ini terdapat adanya Zone Ekonomi Ekslusif (ZEE), batas laut teritoriall, dan batas landas konntinen.

Batas wilayah Indonesia berkaitan dengan 10 negara yang ada disekitarnya. Batas in mencakup batas udara, darat, dan juga laut. Batas ini dibagi menjadi bataw wilayah bagian selatan, utara, barat dan juga timur. Untuk batas wilayah timur langsung berbatasan dengan negara Malaysia. Perbatasan bagian timur ini terletak di pulau Kalimantan. Untuk wilayah perairan negara Indonesia terletak di selat Malaka dan berbatasan dengan laut dari 5 negara seperti Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand dan Vietnam. Untuk wilayah perairan Indonesia bagian tiur berbatasan dengan laut lepas yang letaknya di Samudera Hindia.

Batas wilayah Indonesia bagian barat berbatasan dengan negara India. Negara ini hanya berbatasan dengan negara India dengan jalur laut saja. Hal ini dikarenakan tidak ada jalur drat yang terhubung langsung dengan negara tersebut. Perbatasan kedua negara ini memiliki tanda yaitu berupa pulau nicobar dan pulau ronde. Kedua pulau ini sering terjadi pelanggaran dalam hal penangkapan ikan oleh nelayan pada wilayah teritorial. Untuk wilayah bagian timur terletak di darata Papua New Ginie dan samudera Pasifik. Semoga bermanfaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *