Tips Mengajarkan Toleransi Pada Anak

Toleransi merupakan hal kecil tetapi memiliki peran penting dalam masyarakat. Tanpa adanya toleransi, kehidupan masyarakat akan berantakan dan tidak menghargai satu sama lain. Oleh karena itu, anda harus mengajarkan toleransi sejak dini pada anak-anak. Karena di indonesia ada banyak sekali perbedaan agama, etnis, suku, budaya dan lainnya. Sehingga anak-anak saling berbaur dan berinteraksi dengan temannya di sekolah. Masalah toleransi harus ditanamkan dari dalam rumah, sehingga anak-anak lebih mudah memahaminya. Berikut ini tips parenting mengajarkan toleransi pada anak.

Berikan Contoh Yang Baik

Anak sangat mudah meniru apa yang dilakukan orang dewasa. Bila orang dewasa di sekitar lingkunganya membenci orang lain, maka dia akan mudah meniru. Anda harus mencontohkan sikap toleransi dari diri anda sendiri. Sehingga anak-anak akan meniru apa yang mereka lihat. Jangan gunakan perbedaan sebagai sebuah bercandaan, karena anak-anak akan menirunya juga. Tanamkan sikap toleransi yang kuat. Misalnya ada orang lain yang membicarakan isu sara di depan anak-anak, cobalah untuk menanggapi hal itu dengan tegas. Dengan begitu anak akan mengerti bahwa itu bukanlah hal yang baik.

Kenalkan Perbedaan di Indonesia

Indonesia memiliki perbedaan yang banyak sekali.dari budaya, suku, agama, bahasa dan lainnya. Kenalkan semua hal itu pada anak-anak. Tips parenting inilah yang sering dilupakan orang tua. Mereka mengajarkan hal lain, tetapi tidak mengenalkan perbedaan di indonesia. Dengan mengenalkan perbedaan, anak-anak bisa memahami arti sebuah toleransi. Saling menghargai satu sama lain karena perbedan itu

Anda bisa mengenalkannya lewat musik. Buku, mainan, film dan lainnya. Sehingga anak lebih senang mengenalnya. Saat ini banyak buku cerita yang bercerita tentang perbedaan budaya, suku atau agama di indonesia. Jika anak bertanya, anda harus bisa menjawabnya dengan sebaik mungkin. Jangan sampai menimbulkan sebuah kecurigaan atau kesalahpahaman. Anda bisa mengajaknya ke berbagai festival budaya sehingga anak-anak tahu apa arti sebuah perbedaan.

Selalu Perlakukan Anak Dengan Hormat

Walaupun mereka masih anak-anak, perlakukan mereka dengan hormat. Dengan begitu si kecil juga akan menghormati orang yang lebih tua. Anak merasa dirinya diterima, dihargai dan dihormati apapun kondisi yang dia miliki. Semua anggota keluarga harus memperlakukan hal yang sama. Anak yang kurang dihargai dan dihormati di rumah, cenderung akan melakukan hal yang sama di luar rumah. Mereka akan menyepelekan orang lain dan tidak menghargai perbedaan.

Jadi untuk mengajarkan rasa toleransi pada anak, anda harus mencontohkan dari diri anda sendiri. Berikan penjelasan ke anak dengan baik, bila melihat isu sara yang beredar di masyarakat. Tanamkan sejak dini, maka besarnya dia akan lebih menghargai orang lain. Itulah tips parenting tentang mengajarkan anak rasa toleransi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *