Inilah Kue Natal yang Bisa Jadi Pilihan Anda

Kue Natal
Kue Natal

 

Suasana Natal di bulan Desember sudah sangat terasa. Itu artinya berbagai macam makanan khas untuk Natal juga sudah mulai ramai dan kian mudah ditemukan. Dari berbagai macam kue natal, salah satu di antaranya adalah kue dengan jenis kue kering. Sangat banyak jenis kue yang bisa Anda sajikan saat bulan Desember mulai tiba, apalagi menjelang Natal ini, tinggal pilih saja kue mana yang Anda suka untuk menjadi menu makanan andalan Anda di suasana Natal.

Di Indonesia sendiri, kue kue yang biasanya tersedia dalam menghadapi perayaan Natal biasanya banyak jenisnya. Di Eropa, macam macam jenis kue tersebut tergantung dari negara asal. Bisa jadi Anda akan melihat kue yang sudah familiar sebelumnya.

Beberapa kue natal dengan jenis kue kering yang berasal dari Eropa, di antaranya:

  • Kastengel

Kastengel merupakan kue yang mungkin sering Anda lihat. Dibuat dari berbagai macam campuran keju, kue ini bertekstur kering, empuk, dan gurih.

  • Ginger Cookies

Konon katanya kue ini diciptakan di Eropa pada sekitar abad ke-11. Ada pun bahan bahannya terbuat dari jahe, cengkeh, gula merah, madu dan juga kayu manis. Bentuknya yang sangat variatif menjadikan kue ini menjadi kue wajib yang harus ada di saat Natal.

  • Speculaas

Di Indonesia, kue ini mempunyai nama spekulasi. Kue yang satu ini berasal dari Belanda dengan berbahan kayu manis dan gula merah. Bentuknya dibikin memakai cetakan kayu.

  • Krumkake

Berasal dari negara Norwegia, bentuk dari kue ini mirip seperti cone dari es krim yang kemudian diisi krim yang dicampur berry.

  • Jan Hagel

Kue persegi panjang yang di atasnya ditaburi kenari. Sangat cocok ketika dimakan bersama es krim atau bahkan kopi sambil menikmati nuansa khas Natal.

  • Lebkuchen

Berasal dari Jerman yang biasa juga disebut honey cookies. Aromanya khas cengkeh, kayu manis dan juga madu. Warnanya sendiri berwarna coklat yang dihias icing.

 

 

Jika kue kue di atas adalah kue yang berasal dari Eropa, Anda juga mesti mengetahui kue natal yang biasanya disajikan di Indonesia. Kue apa saja yang biasanya ada saat Natal? Berikut daftar kue kue tersebut :

  • Kue Kering Putri Salju

Kue ini biasanya menjadi sajian di saat Natal tiba. Kue kering dengan bentuk seperti bulan sabit ini juga kerap ditaburi gula halus. Dengan taburan gula halus, kue ini terlihat seperti salju, maka dari itu banyak orang menyebut kue ini dengan panggilan kue salju.

  • Christmas Cupcake

Bentuknya yang lucu nan menggemaskan membuat kue ini sangat cocok disajikan saat hari Natal. Anda bisa berkreasi dengan hiasan di atas kue ini, bisa dengan icing atau taburan permen warna warni. Agar suasana Natal semakin terasa meriah, kamu dapat menghiasnya dengan hiasan tema tema Natal, pohon Natal misalnya. Kalau kamu adalah orang yang tidak suka terlalu ribet, cupcake bisa jadi pilihan karena membuat cake pada dasarnya tidak terlalu sulit.

  • Kue Lapet

Kue Lapet ini adalah pengecualian, maksudnya kue ini bukanlah kue kering seperti yang dibahas sebelumnya. Kue yang menjadi jajanan tradisional khas Batak yang berasal dari daerah Tapanuli ini biasanya terlihat saat Natal. Dibentuk menyerupai limas dan dibungkus daun pisang. Ada pun proses pembuatannya juga tidak begitu rumit, dimulai dari tepung beras lalu kelapa parut yang tidak terlalu tua yang dicampurkan. Terakhir parutan gula aren dan air secukupnya. Natal Anda pun begitu sangat terasa dengan banyaknya pilihan kue.

Itulah kue kue yang bisa menjadi pilihan Anda di saat Natal. Tergiur?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *