Sejarah Nokia

Sejarah

DOWNLOAD DISINI Aplikasi Pulsa Murah

Artikel atau bagian ini nampaknya miring ke arah peristiwa terkini. Cobalah untuk tetap menampilkan kejadian terkini dalam perspektif historis dan menambahkan lebih banyak konten yang terkait dengan acara yang tidak baru. (Agustus 2015) (Pelajari bagaimana dan kapan menghapus pesan template ini)
Artikel utama untuk bagian ini adalah: Sejarah Nokia
1865-1967

Gulungan kertas toilet yang diproduksi oleh Nokia di tahun 1960an, Museum Pusat Vapriikki, Tampere
Sejarah Nokia berasal dari tahun 1865, ketika insinyur pertambangan Finlandia-Swedia Fredrik Idestam mendirikan pabrik pulp di dekat kota Tampere, Finlandia (kemudian di Kekaisaran Rusia). Pabrik bubur kertas kedua dibuka pada tahun 1868 di dekat kota tetangga Nokia, menawarkan sumber daya air tenaga air yang lebih baik. Pada tahun 1871, Idestam, bersama dengan teman Leo Mechelin, membentuk perusahaan bersama darinya dan menyebutnya Nokia Ab (Perusahaan Nokia yang setara dengan bahasa Inggris), setelah situs pabrik pulp kedua.

Idestam pensiun pada tahun 1896, membuat Mechelin menjadi ketua perusahaan. Mechelin berkembang menjadi pembangkit listrik pada tahun 1902 yang telah ditentang Idestam. Pada tahun 1904 Karya Karet Finlandia (Suomen Gummitehdas), sebuah bisnis karet yang didirikan oleh Eduard Polón, mendirikan sebuah pabrik di dekat kota Nokia dan menggunakan namanya.

Pada tahun 1922, Nokia Ab mengadakan kerja sama dengan Finnish Rubber Works dan Finnish Cable Works (Suomen Kaapelitehdas), semuanya sekarang berada di bawah kepemimpinan Polón. Perusahaan Karet Finlandia berkembang pesat saat pindah ke wilayah Nokia pada tahun 1930an untuk memanfaatkan pasokan listrik, dan perusahaan kabel segera melakukannya juga.

Nokia pada saat itu juga membuat respirator untuk penggunaan sipil dan militer, dari tahun 1930an sampai awal 1990an.

BACA JUGA : Pulsa Online Murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *