Kelebihan Budidaya Lele dengan Menggunakan Kolam Terpal

Usaha membudidayakan ikan lele kini bukan menjadi hal yang tabu lagi. Banyak pelaku usaha yang memutuskan untuk membudidayakan ikan lele dibandingkan dengan membudidayakan jenis ikan yang lainnya. Budidaya lele banyak diminati oleh masyarakat karena merupakan bisnis yang menjanjikan. Dari usaha tersebut, pundi-pundi uang dapat diperoleh dengan cara yang mudah. Selain itu, membudidayakan ikan lele juga tidak memerlukan modal yang besar. Untuk membuat kolam misalnya, para pengusaha ternak lele dapat menggunakan terpal sebagai bahan utama pembuatan kolam.

Pemilihan terpal sebagai bahan utama pembuatan kolam ikan lele tentunya lahir dengan adanya sebab. Kelebihan yang dimiliki oleh terpal tersebut menjadi alasan penting mengapa banyak pengusaha ikan lele memilih terpal sebagai bahan pembuatan kolam ikan. Berikut ini merupakan kelebihan terpal yang digunakan untuk membudidayakan ikan lele:

o    Ikan lele tidak berbau lumpur
Budidaya lele dengan menggunakan terpal pastinya tidak akan membuat lele berbau lumpur. Ikan lele yang dibesarkan di dalam kolam terpal justru memiliki rasa yang lebih gurih jika dibandingkan dengan lele yang dibesarkan di dalam kolam yang terbuat dari tanah.

o    Ikan lele mudah dipindahkan
Ikan lele yang hidup di dalam kolam terpal sangat mudah untuk dipindahkan. Para peternak ikan lele dapar menangkap ikan lele tersebut ketika air di dalam kolam terpal dikurangi.

o    Tidak membutuhkan lahan yang luas
Dalam membudidayakan ikan lele di dalam kolam terpal, pengusaha ternak lele tidak membutuhkan luas tanah yang besar.
Kelebihan budidaya lele yang menggunakan kolam terpal tentunya dapat membawa angin segar bagi para pelaku usaha. Mereka tidak lagi membutuhkan kolam ikan yang terbuat dari tanah untuk membudidayakan ikan lele tersebut. Hanya bermodalkan terpal, proses pengembangbiakan ikan lele dapat berjalan dengan lancar. Ikan lele yang dihasikan bahkan memiliki rasa yang lebih nikmat daripada lele yang besar di dalam kolam tanah. Banyaknya keunggulan yang dimiliki oleh kolam ikan terpal, tidak ada salahnya jika Anda turut serta menggunakan kolam terpal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *