Pengertian, Struktur, dan Contoh Teks Tantangan

teks tantangan

Pengertian, Struktur, Kaidah Beserta Contoh Teks Tantangan – Dalam bahasa indonesia juga terdapat mengeni teks tantangan. Mungkin anda sudah dijelaskan mengenai jenis teks tersebut. Jenis teks pada umumnya terdapat beberapa aspek yang terkandung didalamnya seperti pengertian, struktur, maupun kaidah kebahasaannya. Hal tersebut dibuat agar dalam pembuatan teks tersebut dapat lebih baik. Sebagian siswa mungkin masih bingung dengan jenis teks tantangan ini. Tidak perlu khawatir karena kali ini saya akan membahas mengenai pengertian teks tantangan, struktur teks tantangan, kaidah teks tantangan beserta contoh teks tantangan.

teks tantangan
teks tantangan

Teks tantangan memiliki pengertian yaitu sebuah teks yang berisi tentang tentangan mengenai suatu informasi yang diberikan disertai dengan alasan maupun data yang nyata. Dalam contoh teks tantangan pendidikan ini merupakan dasar penunjang dalam aksi debat. Sama halnya seperti jenis teks bahasa indonesia lainnya, jenis teks tantangan juga memiliki struktur teksnya yang dapat menunjang pembuatan teks tantangan tersebut. Untuk strukturnya dapat berupa argumen, pengantar maupun simpulan. Untuk bagian pengantar berisi tentang tema yang akan ditentang dalam suatu perdebatan. Argumen merupakan bagian struktur tentang bukti nyata agar dapat mendukung tentangan tersebut. Sedangkan simpulan ialah suatu hal berupa penegasan tentang tentangan ini.

Selanjutnya adapula kaidah kebahasaan yang turut aktif dalam pembuatan teks tantangan tersebut. Dalam teks ini ada beberapa kaidah seperti kata rujukan, kata penghubung, kalimat kompleks maupun pemilihan kata. Untuk kata rujukan berisi tentang sebuah kata yang memberikan penunjuk bagi yang memberikan informasi. Kata penghubung berisi tentang kata kata yang menghubungkan kata satu dengan kata yang lainnya. Kalimat kompleks ialah sebuah kalimat yang beisi tentang verba maupun struktur yang jumlahnya lebih dari satu. Sedangkan pemilihan kata merupakan ide yang dibuat agar teks tersebut bagus untuk dibaca.

Selanjutnya ialah contok teks tantangan tersebut yang berjudul “Harga BBM Naik Demo Semakin Beraksi”. Dalam penaikan harga BBM pasti tidak luput dengan demo yang terjadi. Salah satu demo yang terjadi pada wilayah Bali yang memberikan tekanan bagi Jokowi untuk menarik kembali Surat Keputusan Menteri ESDM dalam hal penaikan harga BBM. Hal tersebut dikarenakan dapat merugikan masyarakat mayoritas. Saat penaikan harga BBM tersebut melakukan sistem nonpopulis yang tidak memperhatikan kepentingan serta perasaan masyarakat karena tidak adanya perkiraan yang kuat. Menurut beberapa pendapat energi yang terdapat di Indonesia masih dikendalikn oleh pihak pihak luar negri. Hal tersebut merupakan bukti bahwa pemerintahan tersebut belum bisa mengendalikan energi yang dimiliki oleh negara kita yaitu Indonesia. Inilah penjelasan mengenai pengertian, struktur, kaidah beserta contoh teks tantangan. Dalam pembuatan teks tantangan ini harus memperhatikan aspek aspek diatas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *